Allah Tempat Bergantung

gray+clouds+with+sun1

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Ketahuilah bahwa hati itu berada dalam perjalanan menuju Allah Swt. dan akhirat. Jalan yang benar sudah ditunjukkan. Begitu pula ujian jiwa dan amal, penghambat-penghambat jalan yang DAPAT DISINGKIRKAN dengan cahaya, kehidupan, dan kekuatannya dengan kesehatan pendengaran dan pengelihatan dari hati itu sendiri.

Ada lima perkara yang memadamkan cahaya dan melukai hati :
1. Banyak bergaul dengan manusia,
2. Mengumbar harapan,
3. Bergantung kepada selain Allah Swt.,
4. Kenyang, dan
5. Banyak tidur.

Siapa yang tidak merasakan kelimanya, berarti hatinya mati. Dan selayaknya hal yang mati, luka tidak membuatnya merasa sakit.

Maka selayaknya tidak ada kenikmatan, kelezatan, kesenangan dan kesempurnaan kecuali dengan mengetahui Allah Swt. dan mencintai-Nya. Inilah SURGA DUNIA baginya, sebagaimana ia tau kenikmatan yang hakiki adalah kenikmatan di akhirat (surga). Dengan begitu, dia mempunyai dua surga. Surga yang kedua (akhirat) tidak dimasuki sebelum ia memasuki surga yang pertama.

Bergantung pada selain Allah Swt. merupakan perusak hati yang paling besar, dan TIDAK ADA YANG LEBIH BERBAHAYA SELAIN INI.

Jika hati bergantung pada selain-Nya. Allah Swt. akan menyerahkannya pada sesuatu yang dijadikannya sebagai tempat bergantung. Padahal, apa yang dijadikannya tempat bergantung itu dihinakan oleh Allah Swt. dan ia tidak akan mendapatkan apa yang dimaksudkan karena ia berdalih kepada selain Allah Swt.

Dan mereka telah memilih tuhan-tuhan selain Allah, agar tuhan-tuhan itu menjadi pelindung bagi mereka, sama sekali tidak! Kelak mereka (sesembahan) itu akan mengingkari penyembahan-penyembahan mereka terhadapnya, dan akan menjadi musuh bagi mereka. (Q.S Maryam : 81-82)

Banyak manusia kini yang menuhankan harta, pekerjaan dan hidupnya namun mengenyampingkan seruan Allah Swt., dan sekali-kali tak akan ia dapatkan ketenangan dari hal yang ia kejar itu, malah akan menjerumuskan mereka di akhirat kelak.

Wallahu ‘alam.
Billahi fissabil haq.
Ihdinash-shiraatal mustaqiim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: