Pintu Masuk Syaitan ke Dalam Hati Manusia

pintu-setan

Bismillahirrahmanirrahiim,

Para pembaca yang In Syaa Allah dirahmati dan dijaga Allah, kali ini saya akan membahas mengenai “Pintu Masuknya Syaitan ke Dalam Hati Manusia”. Dan pintu-pintu tersebut pun telah dijelaskan oleh Allah dan Rasulullah melalui Al-Quran dan Hadist.

Hal yang paling ditekankan untuk ini adalah mengenai keimanan seseorang. Kita akan tahu bagaimana tingkat keimanan kita jika diuji oleh Allah dengan pintu-pintu masuknya syaitan tersebut.

Memang benar, Allah memerintahkan Syaitan untuk menggoda dan menyesatkan manusia karena hal tersebut merupakan satu permintaannya sebelum ia dilaknat oleh Allah untuk dimasukan ke dalam neraka karena kesombongan terhadap dirinya yang tak ingin bersujud dan mengakui kemuliaan ciptaan Allah yaitu, manusia pertama yaitu Nabi Adam AS. Ia meminta kesempatan untuk dapat menghasul anak cucu Nabi Adam agar dapat bersama di neraka kelak. Naudzubillah min dazalik.

Namun, alangkah baiknya Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang tak ingin membiarkan hamba-hambaNya berada dalam kesesatan dan jurang dosa seperti yang dilakukan syaitan dan iblis laknatullah, Allah menerangkan dalam Al-Quran tanda-tandaNya agar kita memahami dan mengerti dengan Ke-Maha Besaran Allah.

Berikut pintu-pintu syaitan ke dalam hati manusia

  1. Amarah dan Nafsu
    Saat iblis berdiskusi dengan Nabi Musa As, ia memberi tahu : “Pertama, ingatlah aku ketika marah, sesungguhnya rohku ada di dalam hatimu, mataku ada dalam matamu, dan aku mengalir pada dirimu seperti mengalirnya darah. Kedua, ingatlah aku ketika telah marah. Aku mengipas-ngipasinya dan aku pun meniup lubang hidungnya sehingga ia tak tahu apa yang ia lakukan. Ketiga, ingatlah aku ketika di medan perang”
  2. Dengki dan Rakus
    Rasulullah bersabda, “Kecintaanmu terhadap sesuatu itu membutakan dan menulikanmu” (HR. Abu Daud)
  3. Kenyang dengan Makan
    Perut yang kenyang dapat menyebabkan :
    a. Menghilangkan rasa takut kepada Allah
    b. Menghilangkan rasa kasih sayang kepada orang lain dari hatinya
    c. Membuatnya malas beribadah kepada Allah
    d. Hilangnya kepekaan jiwa
    e. Menimbulkan penyakit
  4. Suka Menghiasi Rumah
    Jika syaitan berhasil dengan hal ini tak perlu kembali kedua kalinya karena sebagian hal itu akan menarik sendiri sebagian yang lainnya, dan orang itu akan disibukkan akan hal-hal itu hingga ajal menjempunya
  5. Rakus Terhadap Sesuatu yang Dimiliki Orang Lain
    Syaitan berusaha agar orang tersebut berbasa-basi dan mematut-matutkan diri terhadap orang lain yang ia incar untuk mendapatkan sesuatu. Ia akan melakukan apa saja karena yang ia inginkan  seolah sesembahannya. Ia selalu berpikir dan berusaha orang itu menyukainya. Paling tidak akan memuji-muji orang tersebut dan mengambil muka kepadanya
  6. Tergesa-gesa dan Meninggalkan Kemantapan dalam Semua Urusan
    Rasullulah bersabda, “Tergesa-gesa itu dari syaitan, dan pelan-pelan itu dari Allah” (HR. At-Tirmidzi)
    Allah SWT berfirman kepada Nabi Salallahu ‘alaihi wasallah, “Dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al-Quran sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu” (QS. Thaha : 14)
  7. Kekayaan dan Harta Benda
    Diriwayatkan, pada suatu hari Nabi Isa As tertidur berbantalkan batu. Secara kebetulan iblis lewat, lalu bertanya, “Wahai Isa, engkau menyukai dunia ini?” Nabi Isa As lantas mengambil batu lalu melemparkannya ke arah iblis seraya berkata “Ini untukmu bersama dunia!”
    Coba kalian bayangkan, orang yang hanya memiliki batu untuk alas tidur dapat menjadi senjata syaitan untuknya.
  8. Kikir dan Takut Miskin
    Sufyan ats-Tsauri berkata, “Senjata paling ampuh milik syaitan untuk membinasakan manusia adalah perasaan takut miskin. Jika seseorang sudah terkena senjata ini, ia akan berbuat kebatilan, mencegah dari yang haq, berkata karena mengikuti keinginan nafsu, dan berburuk sangka kepada Tuhannya”
  9. Berlama-lama di Pasar
    Abu Umamah menuturkan bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “Ketika turun ke bumi, iblis berkata ‘wahai Tuhanku, Engkau telah menurunkanku ke bumi dan Engkau jadikan aku makhluk yang terkutuk, maka tolong buatkan untukku sebuah rumah’ Allah lalu menjawab, ‘Rumahmu adalah kamar mandi.’ Iblis meminta lagi, ‘Tolong buatkan aku sebuah tempat duduk.’ Allah menjawab, ‘Tempat dudukmu adalah pasar dan tempat berkumpulmu adalah jalan-jalan raya’ Iblis meminta lagi, ‘Tolong buatkan aku makanan.’ Allah menjawab, ‘Makananmu adalah makanan yang dimakan dengan tidak menyebut nama Allah’ Iblis pun meminta lagi, ‘Tolong buatkan untukku minuman.’ Allah menjawab lagi, ‘Minumanmu adalah semua yang memabukkan.’ Iblis terus meminta, ‘Tolong angkat untukku seorang muadzin.’ Allah menjawab, ‘Muadzinmu adalah seruling.’ Iblis meminta kembali, ‘Tolong jadikan untukku Al-Quran.’ Allah menjawab, ‘Al-Quranmu  adalah syair.’ Iblis berkata lagi, ‘Buatlah untukku sebuah kitab.’ Allah menjawab, ‘Kitabmu adalah tato.’ Iblis meminta lagi, ‘Jadikan sebuah hadist untukku.’ Allah menjawab, ‘Hadistmu adalah kebohongan.’ Iblis itu akhirnya mengakhiri permintaannya, ‘Tolong jadikan untukku obyek untuk berburu.’ Allah menjawab, ‘Obyek buruanmu adalah perempuan.’ ” (HR. Ath-Thabrani)
  10. Fanatik Terhadap Mazhab atau Aliran, Hawa Nafsu dan Dengki
    Di antara tipu daya syaitan adalah menyibukkan diri dengan berbagai perselisihan dan permusuhan yang terjadi di antara sesama manusia dan antar mazhab
  11. Orang Awam yang Tidak Paham dan Tidak Mendalami Ilmu Tauhid
    Diriwayatkan oleh Aisyah ra., ia berkata bahwa Rasululullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya syaitan mendatangi salah seorang di antara kalian, lalu bertanya, ‘Siapa yang menciptakan kamu?’ Ia menjawab, ‘Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi.’ Syaitan bertanya lagi, ‘Lalu siapa yang menciptakan Allah?’ Jika salah seorang mendapati yang seperti itu, maka hendaklah ia mengatakan, ‘Aku beriman kepada Allah dan RasulNya.’ Sesungguhnya ucapan itu dapat mengusir syaitan itu darinya.” (HR. Ahmad, Al-Bazzar, Abu Ya’la)
  12. Beburuk Sangka Terhadap Kaum Muslimin
    Sebab berburuk sangka adalah pintu masuknya syaitan ke dalam hati manusia.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa banyak cara syaitan untuk menjerumuskan manusia kepada kebatilan yang akan membinasakan mereka bersama dengan syaitan di neraka kelak. Syaitan adalah musuh yang nyata bagi manusia, itu dijelaskan oleh Allah dalam QS. Al-Baqarah : 168

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 168)

Kemudian seruan agar kita masuk ke dalam islam secara kaffah sebab syaitan adalah musuh yang nyata dalam QS. Al-Baqarah : 208)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 208)

وَمِنَ الْأَنْعَامِ حَمُولَةً وَفَرْشًا ۚ كُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Dan di antara hewan ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-An’am : 142)

Dari paparan ayat-ayat di atas Allah telah menjelaskan dengan benar dalam Al-Quran bahwa syaitan adalah musuh yang nyata bagi umat manusia. Maka dari itu kita harus memerangi syaitan dengan keimanan dan takwa terhadap Allah serta senantiasa meminta perlindungan kepada Allah dari gangguan dan godaan syaitan laknatullah agar kita tak terjerumus ke dalam perangkap syaitan.

Ridha Ripada|

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: